Selasa, 24 Juli 2012

EXPLORE BALIKPAPAN

Bandara Sepinggan, Balikpapan
Menyusuri Kota Balikpapan, kota dengan julukan kota minyak, di semenanjung Timur Borneo, sendirian memberikan pengalaman yang luar biasa bagi saya. Saya sendiri eksplore kota Balikpapan pada tanggal  01-02 Desember 2011 yang lalu. Untuk explore Kota Balikpapan bisa dengan naik angkutan kota yang rute-rutenya sudah sangat jelas dan gampang dihapalkan. Angkutan disini murah meriah kok sekitar Rp. 1500 sekali jalan sampai Rp. 4000 saja paling jauh. Selama 2 hari di Balikpapan, hari pertama saya memilih untuk ekplore kota  Balikpapan dengan angkutan umum sedangkan hari kedua saya memilih untuk sewa motor untuk menyusuri kawasan wisata hutan di pedalaman Balikpapan utara yang memang tidak bisa ditempuh dengan angkot. Oh iya, angkot di sana namanya taxi ya. jadi kalau kita bilang taxi, itu artinya angkot. Sedangkan taxi yang selalma ini kita kenala namanya taxi meter/argo. hehe..:)

Pertama Kali mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan, pandangan saya langsung mencari-mencari booth dinas pariwisata yang menyediakan brosur-brosur wisata yang biasanya ada di setiap bandara. Benar saja, tepat setelah pengambilan bagasi, ada booth kecil yang menyediakan brosur-brosur wisata dan terlihat hanya ada seorang petugas yang menjaga.  


Dan setelah obrak-abrik brosur-brosur wisata, (halah) , ternyata memang banyak banget objek wisata yang sangat menarik di kota Balikpapan mulai dari wisata pantai dan wisata kota dio sepanjang Balikpapan utara sampai Balikpapan Selatan, wisata budaya, wisata belanja di daerah kebun sayur, Balikpapan Tengah sampai jelajah hutan di Balikpapan utara. Beberapa tempat wisata yang sempat saya datangi selama di Balikpapan diantaranya:

Kawasan Balikpapan Timur:

Penangkaran Buaya Teritip
a. Penangkaran Buaya di Teritip. dan ternyata ada lebih dari 2000 ribu buaya lho! Busyet. Banyak amat yack. Masuknya pun cukup muraah. "cuma" Rp 10 ribu kok dan berhubung waktu itu saya pas weekday, walhasil saya sendirian lah yang melenggang-kangkung di penangkaran segedhe ini.wkwkwk! Beruntung waktu itu saya bertepatan dengan jam memberi makan buaya sehingga saya bisa menyaksikan dengan kepala saya sendiri berkuintal-kuintal ikan diberikan kepada buaya. seru!! Ehm, sebetulnya disini kita juga bisa merasakan makanan "aneh" sate buaya tapi berhubung warungnya tutup, mungkin karena hari biasa dan gak ada pengunjungnya juga,, batal rencana saya untuk mencoba sate buaya itu.

b. Pantai Lamaru, dan Monumen Jepang yang jaraknya berdekatan. Well, menurut saya pantainya sih biasa aja dan monumen jepangnya itu ternyata cuma seuprit..:),. Letaknya sih tidak begitu jauh dari jalan raya Balikpapan Timur dan bisa jalan kaki hanya sekitar 1,5 km saja. Beruntung waktu itu, ada warga yang berbaik hati mau nganterin saya. Gratis.hehe.:)

Monumen Jepang ini sendiri seberulnya kurang tepat jika dijadikan wisata buat keluarga sih, lebih sering digunakan sebagai tempat kongkow-kongkow anak sekolah sepulang sekolah yang biasanya pada duduk-duduk di sekitar kawasan monumen jepang ini. 

c. Pantai Manggar Segara Sari. Tidak beda jauh dengan Pantai Lamaru hanya saja fasilitasnya lebih lengkap. Ada banana boat juga dan pantai yang paling populer sebagai wisata bersama keluarga.halah. :). ehm, ketika saya bilang pantai ini paling populer, jangan bayangkan seperti pantai-pantai cantik sepi berpasir putih mulus seperti di pulau Lombok, Bintan, atau Bengkulu ya. Jujur sejujur-jujurnya  :p, pantai-pantai di Balikpapan biasa banget sih menurut saya. Setidaknya ini mengobati rasa penasaran saya lah terhadap wisata Pantai di Balikpapan . …^_^


Monumen Jepang at Pantai Lamaru
Balikpapan memang kurang dianugerahi pantai-pantai yang cantik, namun sebagai gantinya, Balikpapan  menyuguhkan pemandangan hutan alam yang luar biasa sebagai kawasan hutan hujan tropis di pulau Borneo yang merupakan habitat alami bagi satwa-satwa endemik yang hampir punah seperti orang utan atau beruang madu  yang sebagian besar terletak di Balikpapan Utara.

Beberapa diantaranya yangsempat saya jelajahi  : 

Kawasan Balikpapan Utara: (Wisata Hutan semua nih)

a. Hutan Lindung Sungai Wain

Bisa Camping disini dengan mengajukan ijin terlebih dahulu kepada pengelola Hutan Lindung setempat. Ada Dua jalur treking yang biasa digunakan untuk eksplore kawasan hutan lindung ini yang ditemani guide setempat dimana di dalam hutan lindung ini terdapat danau atau Sungai yang bernama Sungai Wain. Itulah mengapa hutan lindung ini  dinamakan Hutan Lindung Sungai Wain )

Di luar kawasan  Hutan Lindung Sungai Wain ini terdapat Kebun Raya Samarinda yang biasanya digunakan sebagai aktivitas camping atau outbond.

b. Hutan Lindung Manggar

Kawasan Hutan Lindung Manggar
c. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan

Merupakan tempat konservasi beruang madu.Beruntung saya pas banget dapat momen ketika pawang ngasih makan beruang madu. Asyik…^_^


Dan lagi-lagi karena saya pas weekday sehingga saya sendirian lah sebagai pengunjung di kawasan konservasi beruang madu segedhe ini ditemani dengan beberapa orang penjaga. Seru! Ngobrol-ngobrol dengan Penjaganya, ternyata beruang madu yang ada disini merupakan hasil sitaan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab memelihara dan bahkan menyiksa beruang madu ini sampai ada beruang madu yang matanya buta.. (Kejam...T.T). Beruang madu disini pun ternyata sudah hilang naluri berburu secara alamiahnya sehingga tidak mungkin lagi dilepas di alam bebas. sayang ya..

Kawasan Balikpapan Selatan:

a. Pantai-pantai di Sepanjang Jalan Sudirman : Pantai Polda, Pantai Kemala, Pantai Monpera, Pantai Melawai, dan masih banyak lagi yang kesemuanya jaraknya saling berdekatan dan bisa dijangkau dengan jalan kaki atau naik angkot sekali jalan saja. LEtak bibir pantanya pun hanya sekitar 100-200m dari jalan raya. Berhubung pantai-pantai tersebut letaknya di tengah kota, pantai-pantai ini pun lebih ramai dari pantai-pantai lainnya di Balikpapan dan yang penting masuknya gratis..tis..tis...! hehe...^_^

Pantai Kemala
Pantai Polda
Pantai Monpera
b. Monumen Australia yang ternyata Cuma bunderan kecil biasa saja di tengah jalan..:). Letaknya sendiri di ujung Jalan Sudirman, dekat dengan pantai kemala / pantai polda, dan bersebelahan dengan Kawasan Kilang Pertamina.  

c. Kilang Minyak Pertamina (cocoknya malam hari nih, lihat kerlap-kerlip kilang minyak dari kampung atas air di malam hari)

d. Taman Bekapai. Semacam taman kota yang isinya orang pacaran semua..:)

e. Kulineran di Bandar Balikpapan/pusat kuliner Balikpapan.
Merupakan pusat wisata kuliner di tengah-tengah kota Balikpapan. Letaknya tidak jauh dan bersebelahan saja dengan Taman Bekapai. Disini saya nyobain Nasi kuning yang menurut saya gak beda jauh dengan nasi uduk biasa sih.haha.^_^

Nasi Kuning Khas Balikpapan
Untuk pilihan wisata kuliner di Balikpapan sebetulnya masih ada kepiting kenari yang terkenal itu yang konon kepitingnya sendiri didatangkan dengan pesawat dari tarakan (pantesan mahal banget..T.T). Letaknya tidak jauh dari Bandara, sayang harganya gak pas buat kantong backpacker kere kayak saya.halah..:)


Kawasan Balikpapan Tengah:

a. Pusat oleh-oleh dan kerajinan khas Kalimantan di Pasar Kebun Sayur. Keahlian menawar sangat berguna nih disini.hehe..
Pusat oleh-oleh dan kerajinan, Pasar Kebun Sayur 
b. Hutan Mangrove Margomulyo. Rumahnya Bekantan nih.

Well, overall Kota Balikpapan memang cukup menarik untuk didatangi, dan yang paling rekomended tentunya wisata hutannya itu yang memang oke banget.Awalnya sedikit ragu karena hanya berbekal sedikit info saja mengenai wisata di Balikpapan namun ternyata cukup banyak temapt wisata yang meanrik di kota Balikpapan ini. Apalagi hampir semua tempat wisata dapat dijangkau dengan mudah dengan angkutan umum yang rutenya sangat jelas. (fyi , rute angkutan umum tersebut dapat kita dapatkan di brosur yang dibagikan di bandara. begitu sampai bandara sepinggan, ambil saja brosurnya.he..) Hayuk pada maen ke Balikpapan……^_^


4 komentar:

  1. wah lumayan juga nih ini postingan...
    kebetulan mau jalan2 ke balikpapan.
    bisa jadi referensi juga nih

    trims,bro

    BalasHapus
  2. iya... makasih mas sudah mampir ke blog saya. selamat jalan2 ke Balikpapan. hehe

    BalasHapus
  3. misi mas tempat camping atau ngecamp di balikpapan di mana aja yang bagus...
    dari segi panorama dan finansial???

    BalasHapus
  4. camping bisa di dalam Hutan Lindung Sungai Wain namun harus ijin dului. di Luar hutan ini ni terdapat Kebun Raya Samarinda yang biasanya digunakan sebagai aktivitas camping atau outbond.

    BalasHapus