Kamis, 12 Februari 2015

MINANG TRIP DAY 5 - PADANG PARIAMAN

Setelah sehari sebelumnya saya eksplore kota Payakumbuh dengan lembah haraunya, kemudian saya memutuskan kembali ke kota Padang untuk menginap semalam dan melanjutkan perjalanan lagi ke kota Padang Pariaman yang berjarak sekitar 2,5 jam saja dari kota Padang.

Perjalanan hari sebelumnya di kota Payakumbuh dan Lembah Harau dapat dilihat disini : http://aufasidix.blogspot.com/2015/02/minang-trip-day-3-payakumbuh-dan-lima.html

Pantai Gondoria, Pariaman
Kota Padang Pariaman dapat dicapai dengan menggunakan kereta dari kota Padang sebelum bertolak kembali ke Jakarta. Sebetulnya saya ingin menggunakan transportasi kereta api dari kota Padang namun sayang jadwalnya tidak ada yang pagi sehingga saya memutuskan naik angkutan umum semacam elf dari depan Universitas Negeri Padang yang memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan ke kota Pariaman, namun baliknya ke kota Padang menggunakan kereta.

Para Penjaja Makanan di Sepanjang Pantai Gondoria
Elf kota Padang-Pariaman tidak masuk ke dalam kota Pariaman sehingga untuk melanjutkan perjalanan ke pusat kota Pariaman bisa menggunakan jasa ojek. Pemberhentian pertama saya di pantai gondoria yang letaknya di pusat kota Pariaman dan tepat di samping stasiun pariaman. Tipikal pantai perkotaan yang ramai oleh turis :). Pantainya sangat panjang dan disepanjang pantai berjejer penjaja makanan.
Sate Padang Pariaman

Nasi Sek khas Pariaman
Salah satu kuliner khas Pariaman yang wajib dicoba jika di kota Pariaman dan banyak dijumpai di sepanjang Pantai gondoria adalah Nasi Sek. Saya melihat nasi sek ini biasa saja seperti nasi campur, entahlah atau lidah saya yang tidak bisa membedakan ya :).

Pasar Pariaman
Kawasan pusat kotanya sendiri cukup kecil menurut saya dan tidak terlalu ramai. Ada sebuah taman cantik yang terletak tidak jauh dari  pasar Pariaman, yakni taman Lapangan Merdeka. Sayang waktu itu mendadak hujan sangat deras sehingga saya tidak bisa berlama–lama duduk di taman ini. Taman ini pun letaknya tidak jauh dari Stasiun Pariaman. Sehingga setelah dari Pantai gondoria bisa dengan jalan kaki saja untuk menuju taman ini dengan terlebih dahulu melewati pasar.

Lapangan Merdeka, Pariaman
Stasiun Pariaman
Setengah hari saja saya berada di kota Pariaman. Sore saya harus kembali ke kota Padang karena saya sudah harus kembali ke Jakarta. Saya memutuskan naik kereta dari Pariaman ke kota Padang. Keretanya sangat murah dan mirip kereta ekonomi yang berada di jawa namun tanpa AC waktu itu. Sayang jadwal keretanya setelah magrib sehingga praktis saya menghabiskan malam di jalan padahal saya penasaran dengan pemandangan sepanjang perjalanan dengan kereta. Kota Pariaman, tidak banyak dijadikan tujuan wisata di Sumatera Barat, tapi tidak ada salahnya jika ada waktu lebih untuk mampir di kota ini. Selalu banyak tempat dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan jika kita memutuskan untuk jalan-jalan ke ranah minang.

Hari berikutnya saya kembali ke kota Padang untuk melanjutkan perjalanan kembali ke kota Painan di Pesisir Selatan. Cerita saya berikutnya di kota Painan, Pesisir Selatan, dapat dilihat disini : http://www.aufasidix.blogspot.com/2015/02/minang-trip-day-6-day-7-painan-pesisir.html